(iainfmpapua.ac.id) – Sebelum lulus, para mahasiswa hendaknya meninggalkan karya yang dapat dimanfaatkan oleh generasi berikutnya. Wakil Rektor (Warek) I Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, S.Ag, M.Pd menyampaikan hal ini dalam sambutan kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah Anti Plagiasi Bagi Mahasiswa yang digelar unit Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua, 12 Juni 2024.
“Karya dapat berupa karya tulis ilmiah yang lulus turnitin dan anti plagiasi sehingga masuk di repository perpustakaan,” tuturnya. Ia menyebutkan bahwa target lembaga adalah pencapaian unggul di semua akreditasi. “Baik institusi maupun prodi-prodi dan unit, untuk itu, mari kita tingkatan semua kualitas di semua lini,” terangnya. Menurut Warek, perpustakaan yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas harus difungsikan dan dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa. ‘Hasil penelitian anda akan diunggah di repository setelah lulus aplikasi anti plagiasi, inilah karya yang akan anda tinggalkan untuk generasi berikutnya,” ucapnya. Seluruh hasil penelitian mahasiswa, lanjutnya, diharapkan akan berdampak positif bagi kemajuan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di masa berikutnya.
epala Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua Tuwaji, S.Sos, M.Si menerangkan bahwa pihaknya telah menerbitkan berbagai tulisan mahasiswa di repository. “Ada 165 karya tulis mahasiswa yang sudah diunggah, dan ini akan bertambah terus dengan semangat adik-adik di sini,” ujarnya. Ia menyebutkan bahwa Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua siap memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan menulis untuk menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat di masyarakat.
Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Duta Baca Rahmawansyah, M.Pd yang juga menjabat Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pustakawan Ahli Sahibul Kahfi, S.Pd.I. Pembukaan workshop yang digelar secara hybrid ini dihadiri perwakilan pejabat dan diikuti lebih dari 120 mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Her/)